MC - KCBM

Wawancara Juru Bicara Vatikan dengan Catholic News Service mengenai Medjugorje

In Wawasan on 31/03/2011 at 21:20

Dari awal Juni 1996, banyak media komunikasi publik melaporkan bahwa Vatikan telah melarang ziarah ke Medjugorje. Juru bicara Tahta Suci, Joaquin Navarro-Valls, segera membantah hal ini. Namun, dalam kasus yang tetap meragukan sikap Vatikan berkenaan dengan Medjugorje, juru bicara Tahta Suci itu mengklarifikasi posisi mereka sekali lagi.

Sementara Vatikan tidak pernah mengatakan bahwa orang-orang Katolik tidak boleh pergi ke Medjugorje, para uskup telah mengatakan bahwa paroki-paroki dan keuskupan-keuskupan mereka tidak boleh mengadakan ziarah resmi ke lokasi dugaan penampakan Maria, kata juru bicara Vatikan.

“Anda tidak dapat mengatakan bahwa orang-orang tidak bisa pergi ke sana sampai penampakan itu telah terbukti palsu. Hal ini tidak dikatakan, sehingga siapapun dapat pergi jika mereka inginkan,” kata juru bicara, Joaquin Navarro-Valls, kepada Catholic News Service, 21 Agustus.

Selain itu, katanya, ketika umat Katolik pergi ke mana saja, mereka berhak atas perawatan rohani, karenanya gereja tidak melarang para imam untuk mendampingi perjalanan kaum awam yang terorganisasi ke Medjugorje di Bosnia-Herzegovina, sama halnya tidak melarang mereka [para imam] untuk mendampingi sekelompok orang Katolik yang mengunjungi Afrika Selatan.

Navarro-Valls menegaskan, “tidak ada yang berubah” berkenaan dengan posisi Vatikan tentang Medjugorje.

Pada awal Juni, sebuah surat kabar Perancis mempublikasikan kutipan dari sebuah surat tentang ziarah Medjugorje yang ditulis oleh sekretaris Kongregasi Vatikan untuk Ajaran Iman (CDF) dalam menanggapi pertanyaan dari seorang uskup Perancis.

Surat dari Uskup Agung Tarcisio Bertone dari kongregasi doktrinal itu mengutip pernyataan para uskup bekas Yugoslavia tahun 1991, yang mengatakan bahwa setelah mempelajari banyak, “tidak dapat dikonfirmasikan bahwa penampakan supranatural atau wahyu sementara terjadi di sini.”

“Namun”, kata para uskup – dan Uskup Agung Bertone mengulangi – “sejumlah kaum beriman yang bepergian ke Medjugorje membutuhkan gereja untuk mengatur pelayanan pastoral mereka.”

Setelah mengutip pernyataan tahun 1991 itu, Uskup Agung Bertone menulis, “Dari apa yang dikatakan, itu berarti bahwa  ziarah resmi ke Medjugorje, yang dipahami sebagai tempat penampakan Maria yang otentik, seharusnya tidak diselenggarakan baik di level paroki maupun di level keuskupan karena akan bertentangan dengan apa yang para uskup eks-Yugoslavia katakan dalam deklarasi mereka yang dikutip di atas.”

Navarro-Valls mengatakan, “Ketika seseorang membaca apa yang Uskup Agung Bertone tuliskan, orang bisa mendapat kesan bahwa mulai sekarang semuanya dilarang, tidak ada kemungkinan” bagi orang2 Katolik untuk menngunjungi Medjugorje.

Namun, dalam kenyataannya, “tidak ada yang berubah, tidak ada hal baru yang dikatakan”, kata juru bicara itu kepada CNS.

“Masalahnya adalah jika Anda secara sistematis mengatur ziarah, mengaturnya dengan uskup dan Gereja, Anda  sedang memberikan persetujuan kanonik atas kebenaran Medjugorje,” yang mana Gereja masih dalam proses mempelajari.

“Hal ini berbeda dengan orang-orang yang pergi dalam suatu kelompok yang membawa seorang imam dengan mereka dalam rangka untuk pergi ke pengakuan dosa,” kata jurubicara itu.

Navarro-Valls mengatakan ia berkomentar karena “Aku khawatir bahwa apa yang dikatakan Uskup Agung Bertone bisa ditafsirkan dalam arti yang terlalu sempit. Apakah Gereja atau Vatikan mengatakan “tidak “untuk Medjugorje? Tidak.”

 


Sumber :

  1. Medjugorje WebSite
  2. Evangelization Station

Terjemahan: chimp

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: