MC - KCBM

Tanggapan CDF kepada Uskup Saint-Denis de la Reunion

In Surat on 31/03/2011 at 12:47


CONGREGATIO PRO DOCTRINA FIDEI (CDF)

Citta del Vaticano, Palazzo del S. Uffizio
Pr. No 154/81-06419
26 Mei 1998
Untuk Yang Mulia Mgr. Gilbert Aubry,
Uskup Saint-Denis de la Reunion

Yang Mulia,

Dalam surat Anda pada tanggal 1 Januari 1998, Anda mengajukan kepada kongregasi ini beberapa pertanyaan mengenai posisi Tahta Suci dan Uskup Mostar sehubungan dengan apa yang disebut penampakan Medjugorje, ziarah pribadi dan pelayanan pastoral pada kaum beriman yang pergi ke sana.

Sehubungan dengan hal ini, saya pikir tidak mungkin untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh Yang Mulia. Hal utama yang saya ingin tunjukkan adalah bahwa Tahta Suci tidak seperti biasa mengambil posisinya sendiri berkenaan fenomena supranatural yang diduga benar sebagai pengadilan tingkat pertama. Adapun kredibilitas dari “penampakan” dalam pertanyaan, kongregasi ini menghormati apa yang telah diputuskan oleh para uskup dari bekas Yugoslavia dalam Deklarasi Zadar, 10 April 1991: “Berdasarkan penyidikan sejauh ini, tidak dapat ditegaskan bahwa hal itu berhubungan dengan penampakan supranatural dan wahyu.” Sejak terbaginya Yugoslavia menjadi beberapa negara merdeka, sekarang akan berkaitan dengan anggota dari Konferensi Episkopal Bosnia-Herzegovina untuk nantinya membuka kembali pemeriksaan atas kasus ini, dan untuk membuat pernyataan baru yang mungkin dibutuhkan.

Apa yang Uskup Peric katakan dalam suratnya kepada Sekretaris Jenderal “Famille Chrétienne” [Keluarga Kristen], yang menyatakan: “Pendirian dan posisi saya adalah, tidak hanya ‘non constat de supernaturalitate’ tapi juga, ‘constat de non supernaturalitate’ terhadap penampakan atau wahyu di Medjugorje”, harus dianggap sebagai ekspresi keyakinan pribadi dari Uskup Mostar yang memiliki hak untuk mengekspresikan sebagai Penguasa tempat itu, tetapi itu adalah dan tetap pendapat pribadinya.

Akhirnya, berkenaan ziarah ke Medjugorje, yang dilakukan secara pribadi, Kongregasi ini menegaskan bahwa mereka diperbolehkan dengan syarat bahwa hal itu tidak dipandang sebagai suatu otentifikasi atas peristiwa yang masih berlangsung dan yang masih membutuhkan pemeriksaan Gereja.

Saya berharap bahwa saya telah menjawab secara memuaskan  paling tidak untuk pertanyaan2 pokok yang telah Anda disampaikan kepada Kongregasi ini dan saya mohon Yang Mulia untuk menerima ekspresi sentimen setiaku.

Uskup Agung Tarcisio Bertone

(Sekretaris CDF yang dipimpin oleh Kardinal Ratzinger)

 


Sumber: Evangelization Station
Terjemahan: chimp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: