MC - KCBM

Tanggapan CDF kepada Uskup Langres

In Surat on 31/03/2011 at 12:04

Uskup Langres, Perancis, Mgr. Leon Taverdet, bersurat kepada  Tahta Apostolik pada 14 Februari 1996 untuk menanyakan posisi Gereja mengenai penampakan di Medjugorje dan apakah diizinkan untuk pergi ke sana untuk berziarah. Kongregasi Kudus Tahta Suci untuk Ajaran Iman (CDF), menjawab pada 23 Maret 1996 melalui sang Sekretaris, Uskup Agung Tarcisio Bertone.

KONGREGASI KUDUS UNTUK AJARAN IMAN (CDF)

Kota Vatikan, 23 Maret 1996
Prot. No 154/81-01985

Yang Mulia,

Dalam surat Anda pada tanggal 14 Februari 1996, Anda bertanya posisi Gereja terkini mengenai dugaan “penampakan di Medjugorje” dan apakah diperbolehkan berdasarkan iman Katolik untuk pergi ke sana berziarah.

Dalam kompetensi untuk itu, adalah kehormatan saya untuk memberi tahu kepada Anda bahwa, mengenai keotentikan penampakan tersebut, para Uskup dari bekas Yugoslavia telah mengkonfirmasikan Deklarasi mereka 10 April 1991 yang diterbitkan di Zadar:

“… Berdasarkan penyidikan, sejauh ini tidak dapat ditegaskan bahwa hal itu berhubungan dengan penampakan supranatural dan wahyu.

Namun, sejumlah pertemuan kaum beriman dari berbagai belahan dunia, yang datang ke Medjugorje dengan dorongan motif kepercayaan ataupun berbagai motif lainnya, memerlukan perhatian dan pelayanan pastoral di urutan pertama dari sang uskup keuskupan dan, dengan sang uskup, dari uskup2 lain juga, agar supaya di Medjugorje dan dalam segala hal yang berhubungan dengannya, sebuah devosi yang sehat kepada Santa Perawan Maria dapat dipromosikan sesuai dengan Ajaran Gereja.

Untuk tujuan ini, para uskup akan mengeluarkan secara khusus instruksi2 liturgis-pastoral yang sesuai. Demikian juga, melalui Komisi mereka, mereka akan terus mengikuti dan menyelidiki keseluruhan peristiwa di Medjugorje.”

Hasil dari [pernyataan] ini secara tepat dikatakan bahwa ziarah resmi ke Medjugorje, yang dipahami sebagai tempat penampakan Maria yang otentik, tidak diizinkan untuk diselenggarakan baik di level paroki maupun di level keuskupan, karena akan bertentangan dengan apa yang telah ditegaskan oleh para uskup dari bekas Yugoslavia dalam Deklarasi mereka yang telah disebut di depan.

Terimalah kiranya, Yang Mulia, sebuah ekspresi kasih sayang saya yang mendalam !

† Tarcisio Bertone


Sumber:

  1. Medjugorje WebSite
  2. Evangelization Station

Terjemahan: chimp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: