MC - KCBM

Deklarasi Zadar

In Surat on 31/03/2011 at 09:44

Gereja S. Yakobus, Medjugorie, Bosnia-Herzegovina

Pada sesi umum Konferensi Uskup Yugoslavia di Zadar, 9-11 April 1991, yang berikut ini diadopsi.

Deklarasi

Para uskup, dari semula, telah mengikuti peristiwa Medjugorje melalui Uskup dari keuskupan itu [Mostar], Komisi Uskup dan Komisi dari Konferensi Uskup Yugoslavia di Medjugorje.

Berdasarkan penyidikan, sejauh ini tidak dapat ditegaskan bahwa hal itu berhubungan dengan penampakan supranatural dan wahyu.

Namun, sejumlah pertemuan kaum beriman dari berbagai belahan dunia, yang datang ke Medjugorje dengan dorongan motif kepercayaan ataupun berbagai motif lainnya, memerlukan perhatian dan pelayanan pastoral di urutan pertama dari sang uskup keuskupan dan, dengan sang uskup, dari uskup2 lain juga, agar supaya di Medjugorje dan dalam segala hal yang berhubungan dengannya, sebuah devosi yang sehat kepada Santa Perawan Maria dapat dipromosikan sesuai dengan Ajaran Gereja.

Untuk tujuan ini, para uskup akan mengeluarkan secara khusus instruksi-instruksi liturgis-pastoral yang sesuai. Demikian juga, melalui Komisi mereka, mereka akan terus mengikuti dan menyelidiki keseluruhan peristiwa di Medjugorje.

Zadar, 10 April 1991

Para Uskup Yugoslavia


Sumber:

  1. Medjugorje WebSite
  2. Evangelization Station

Terjemahan: chimp


Catatan:

Pada bulan Januari 1987, atas usul Kongregasi untuk Ajaran Iman (CDF), Kardinal Franjo Kuharić, presiden Konferensi Uskup, dan Uskup Žanić membuat komunike bersama di mana mereka mengumumkan pembentukan Komisi Ketiga dan di mana mereka meminta kaum beriman untuk tidak menyelenggarakan ziarah yang termotivasi “dari atas” yang akan menganggap sebagai penyebab peristiwa Medjugorje.

Komisi Ketiga ini terdiri dari  11 imam (5 diantaranya projo), 4 dokter dan psikolog dan seorang suster sebagai sekretaris.

Komisi ini mengadakan 23 kali pertemuan di Zagreb pada Sekretariat Konferensi Uskup. Pertemuan pertama pada bulan April 1987 dan yang ke-23 pada bulan September 1990.

Sebuah karakteristik Komisi Ketiga ini adalah untuk bekerja pada temuan dan hasil dari Komisi sebelumnya dan ex novo [dari yang baru]. Semuanya dilakukan di bawah sumpah dan tidak ada pernyataan untuk publik yang dibuat. Hasil dari  upaya mereka selama empat tahun itu dipresentasikan kepada para anggota Konferensi Uskup di Zagreb tahun 1990. Diskusi-diskusi pada Konferensi Uskup atas “penampakan” itu diadakan empat kali: 25 April, 9 Oktober dan 27 November 1990, dan Deklarasi mengenai Medjugorje diterima melalui pemungutan suara yang diselenggarakan di Zadar pada tanggal 10 April 1991: 19 uskup menyetujui Deklarasi itu sementara 1 abstain.


Sumber: Medjugorje Documents

Terjemahan: chimp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: