MC - KCBM

Vatikan Selidiki Klaim Penampakan Medjugorje

In Berita on 29/03/2011 at 20:33

(Reuters Life!) – KOTA VATICAN | Rabu 17 Mar 2010 5:54pm GMT

Vatikan telah membuka penyelidikan terhadap laporan penampakan Perawan Maria di kota kecil Medjugorje di Bosnia selatan yang telah menarik lebih dari 30 juta peziarah dan memecah belah Gereja Katolik.

Kongregasi untuk Ajaran Iman (CDF), badan Gereja yang mengurusi masalah doktrin, telah membentuk sebuah komisi penyelidikan internasional yang dipimpin oleh Kardinal Italia, Camillo Ruini, seorang kepercayaan Paus terdahulu, Paus Yohanes Paulus II, demikian kata Vatikan pada hari Rabu.

Sejak enam anak pertama kali melaporkan penampakan Bunda Maria di lereng bukit dekat Medjugorje pada tahun 1981 – mengingatkan kita pada penampakan terkenal di kota Perancis, Lourdes, dan Fatima di Portugal – orang2 Katolik memperdebatkan apakah penampakan tersebut adalah mukjizat di era modern, angan-angan atau penipuan yang rumit.

“Komisi ini, yang terdiri dari para kardinal, para uskup, para teolog dan para ahli, akan bekerja secara rahasia dan menyampaikan hasil penyelidikannya kepada kongregasi (CDF -red),” kata Vatikan dalam sebuah pernyataan.

Tidak seperti Fatima atau Lourdes, Vatikan tidak secara resmi mengakui penampakan di kota kecil, sekitar 100 km (62 mil) sebelah barat daya Sarajevo, dan klaim tentang penampakan itu adalah kontroversial.

Uskup Ratko Peric dari Mostar, kota terdekat di Bosnia, tahun lalu telah memperingatkan umat Katolik terhadap keyakinan yang tidak kritis terhadap penampakan Medjugorje dan telah menerbitkan serangkaian pembatasan2 pada parokinya.

Pada bulan Juli, Paus Benediktus memberhentikan Rm Tomislav Vlasic, seorang imam Fransiskan yang dulunya bertugas sebagai “pembimbing rohani” keenam visioner, setelah penyelidikan panjang bertahun2 mengenai tuduhan bahwa dia telah melebih2kan penampakan dan menjadi ayah seorang anak dengan biarawati.

Beberapa bulan kemudian, Kardinal Wina, Christoph Schoenborn, sekutu dekat Benediktus, memicu kontroversi dengan kunjungan yang terpublikasi dengan baik ke tempat suci itu pada bulan Desember yang mengundang celaan terbuka dari Peric.

Schoenborn, yang mengeluarkan surat permintaan maaf, bersikeras bahwa kunjunganya ke sana adalah bersifat pribadi.

Meskipun bentrokan antara para imam Fransiskan yang menjalankan situs tersebut dengan Vatikan yang mengeluarkan 10 dari mereka dari perintah untuk mempromosikan situs tersebut karena membantah peringatannya itu, desa ini menjadi tujuan ziarah, yang memberi perbaharuan semangat spiritualitas kepada banyak pengunjung dan sumber pendapatan yang stabil kepada penduduk lokal.

Perang Bosnia 1992-95 mengganggu aliran peziarah, tetapi dengan tiga penduduk setempat yang sekarang berusia paruh baya yang masih melaporkan penampakan, ribuan orang masih berdatangan ke kota itu setiap tahun.


Sumber: http://uk.reuters.com
Terjemahan: chimp

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: